logoblog

Desain Apartemen

"Kami siap membantu Anda mendukung memulai bisnis properti dengan pembuatan gambar site plan yang murah."


Merencanakan Site Plan Untuk Apartemen

Kami tidak hanya merencanakan site plan untuk perumahan tapak atau town house, tetapi juga apartemen, rusunami, pabrik, resort dan sebagainya.

Salah satu yang kami tampilkan di sini adalah hasil rencana site plan Apartemen yang kami sajikan dalam bentuk visual 3D, agar mudah dipahami oleh pengunjung website kami yang awam mengenai gambar teknik.

Dalam merencanakan kompleks apartemen secara utuh, kami bersama dengan berbagai ahli teknik yang terliat dalam mendesain keseluruhan perencanaan dan  kami dipercaya merencanakan site plan di lahan tersebut, dan untuk mengisi konten halaman ini kami sajikan artikel, yang mungkin dapat bermanfaat untuk Anda.

Gambar Apartemen

Berikut adalah gambaran salah satu produk kami dalam mengerjakan site plan untuk apartemen dengan fasilitas-fasilitas penunjangnya di lahan 4 ha.




Mengapa Kesan Tinggal di Apartemen Lebih Elit Daripada di Townhouse


Pada saat ini, apartemen masih dianggap sebagai hunian dengan prestise yang tinggi.

Pada kenyataannya di negara lain, apartemen adalah unit sederhana yang hanya mempunyai 2 kamar tidur dan 1 ruang keluarga sehingga sangat sesuai untuk lajang atau pasangan muda yang mulai menjajaki karier di sebuah perusahaan.

Awalnya apartemen adalah solusi tempat tinggal bagi orang yang berpenghasilan rendah.

Namun, bagi orang yang berpenghasilan tinggi, maka ia dapat mempunyai ”kavling” dan ”rumah” sendiri.

Di Hong Kong, townhouse dapat ditemukan di dalam komplek perumahan yang besar.

Walau begitu, sepertinya pamor apartemen sebagai hunian elit akan bertahan lebih lama di Indonesia, sehingga investasi membangun Apartemen jauh lebih menarik dibandingkan rumah tapak.


Apartemen Komersial

Apartemen Komersial

Peruntukan Apartemen


Pelaku pembangunan (pengembang/developer) dapat melakukan pemasaran unit Apartemen sebelum pembangunan rumah susun dilaksanakan asalkan pihak developer sekurang-
kurangnya memiliki:

  • Kepastian peruntukan ruang;
  • Kepastian hak atas tanah;
  • Kepastian status penguasaan rumah susun;
  • Perizinan pembangunan rumah susun; dan
  • Jaminan atas pembangunan rumah susun dari lembaga penjamin.

Kepastian peruntukan ruang ditunjukkan melalui Surat Keterangan Rencana Kota (SKRK) yang sudah disetujui pemerintah daerah.

Kepastian hak atas tanah ditunjukkan melalui sertifikat hak atas tanah.

Kepastian status kepemilikan antara SHM-unit rusun atau SKBG-unit rusun harus dijelaskan kepada calon pembeli yang ditunjukkan berdasarkan pertelaan yang disahkan oleh pemerintah daerah.

Izin pembangunan rumah susun ditunjukkan melalui IMB. Sedangkan "jaminan atas pembangunan rumah susun dapat berupa surat dukungan bank atau nonbank.

Dalam hal pemasaran dilakukan sebelum pembangunan Apartemen, segala sesuatu yang dijanjikan pelaku pembangunan (developer) dan/ atau agen pemasaran bersifat mengikat sebagai Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) bagi para pihak.


Apartemen Komersial

Apartemen Mewah

Jual Beli Unit Apartemen


Proses jual beli Satuan Rumah Susun (unit rusun) sebelum pembangunan Apartemen selesai dapat dilakukan melalui PPJB yang dibuat di hadapan Notaris.

PPJB dilakukan setelah memenuhi persyaratan kepastian atas:

  • Status kepemilikan tanah;
  • Kepemilikan IMB;
  • Ketersediaan prasarana, sarana, dan utilitas umum;
  • Keterbangunan paling sedikit 20% ; dan
  • Hal yang diperjanjikan.

Yang dimaksud dengan "keterbangunan paling sedikit 20%" adalah 20% dari volume konstruksi bangunan Apartemen yang sedang dipasarkan.

Yang dimaksud hal yang diperjanjikan adalah kondisi unit rusun yang dibangun dan dijual kepada konsumen yang dipasarkan, termasuk melalui media promosi, antara lain, lokasi Apartemen, bentuk unit rusun, spesifikasi bangunan, harga unit Apartemen, prasarana, sarana, dan utilitas umum Apartemen, fasilitas lain, serta waktu serah terima unit Apartemen.


Apartemen Mewah

Apartemen Non Subsidi

Akta Jual Beli (AJB) Apartemen


Proses jual beli yang dilakukan sesudah pembangunan rumah susun selesai, dilakukan melalui Akta Jual Beli (AJB).

AJB dibuat di hadapan Notaris/PPAT untuk SHM-unit rusun dan Notaris untuk SKBG-unit Apartemen sebagai bukti peralihan hak.

Pembangunan rumah susun dinyatakan selesai apabila telah diterbitkan:

  • Sertifikat Laik Fungsi (SLF), dan
  • SHM-unit Apartemen atau SKBG-unit Apartemen.


Apartemen Non Subsidi

Apartemen Non Subsidi

Hak Kepemilikan Apartemen


Hak kepemilikan atas unit rusun merupakan hak milik atas unit rusun yang bersifat perseorangan yang terpisah dari hak bersama atas bagian-bersama, benda-bersama, dan tanah-bersama.

Hak atas bagian-bersama, benda-bersama, dan tanah-bersama dihitung berdasarkan Nilai.

Perbandingan Pro-porsional (NPP). NPP adalah angka yang menunjukkan perbandingan santara unit Apartemen terhadap hak atas bagian-bersama, benda-bersama, dan tanah-bersama yang dihitung berdasarkan nilai unit rusun yang bersangkutan terhadap jumlah nilai rumah susun secara keseluruhan pada waktu pertama kali pelaku pembangunan memperhitungkan biaya pembangunannya secara keseluruhan untuk menentukan harga jualnya.

Sebagai tanda bukti kepemilikan unit Apartemen di atas tanah hak milik, hak guna bangunan atau hak pakai di atas tanah negara, hak guna bangunan atau hak pakai di atas tanah hak pengelolaan, diterbitkan SHM-unit rusun.

SHM-unit Apartemen diterbitkan bagi setiap orang yang memenuhi syarat sebagai pemegang hak atas tanah.

SHM-unit Apartemen merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan yang terdiri atas:

  • Salinan buku tanah dan surat ukur atas hak tanah-bersama sesuai ketentuan peraturan  perundang-undangan;
  • Gambar denah lantai pada tingkat rumah susun bersangkutan yang menunjukkan  unit Apartemen yang dimiliki; dan
  • Pertelaan mengenai besarnya bagian hak atas bagian-bersama, benda-bersama, dan  tanah-bersama bagi yang bersangkutan.

SHM-unit Apartemen diterbitkan oleh Kantor Pertanahan di Kabupaten/ Kota setempat. SHM-unit rusun juga dapat dijadikan jaminan utang dengan dibebani Hak Tanggungan sesuai UU Hak Tanggungan (UU 4/ 1996).

Apartemen Menengah

Apartemen Menengah

Bukti Kepemilikan Unit Apartemen


Sebagai tanda bukti kepemilikan atas unit Apartemen di atas barang milik negara/daerah berupa tanah atau tanah wakaf dengan cara sewa, diterbitkan SICBG-unit Apartemen.

SKBG-unit rusun merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan yang terdiri atas:

  • Salinan buku bangunan gedung;
  • Salinan surat perjanjian sewa atas tanah;
  • Gambar denah lantai pada tingkat Apartemen yang bersangkutan yang menunjukkan  unit Apartemen yang dimiliki; dan
  • Pertelaan mengenai besarnya bagian hak atas bagian-bersama dan benda-bersama  yang bersangkutan.

SKBG-unit rusun diterbitkan oleh instansi teknis kabupaten/ kota yang bertugas dan bertanggung jawab di bidang bangunan gedung (seperti Dinas Pengawasan Bangunan).

SKBG-unit rusun juga dapat dijadikan jaminan utang dengan dibebani Fidusia sesuai UU Jaminan Fidusia (UU 42/ 1999).

SKBG-unit rusun yang dijadikan jaminan utang secara fidusia harus didaftarkan ke Kantor Pendaftaran Fidusia yang berada di bawah naungan Direktorat jenderal Administrasi Hukum Umum pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Apartemen Menengah

Disain Apartemen

Disain Apartemen

Gambar Apartemen

Gambar Apartemen

Gambar Apartemen

Site Plan Apartemen

Site Plan Apartemen

Site Plan Apartemen

Konsep Apartemen

Konsep Apartemen

Apartemen Eksklusif

Apartemen Eksklusif

Parkir Apartemen

Gerbang Apartemen

Parkir Apartemen

Apartmen Exclusive

Apartmen Exclusive

Apartmen Exclusive

Rancangan Apartemen

Lokasi Apartemen

Sebagai gambaran peletakan disain Apatemen kami bentuk massa banguannya menghadap pada persimpangan besar dengan jembatan flyover yang tampak dalam gambar berikut ini:


Lokasi Apartemen

Lokasi Apartemen

Lokasi Apartemen

Posisi Apartemen

Posisi Apartemen

Apartemen TB Simatupang

Apartemen TB Simatupang

Apartemen TB Simatupang


contoh apartemen di jakarta, contoh apartemen tipe studio, contoh apartemen 2 kamar, contoh apartemen studio, contoh apartemen minimalis, contoh apartemen mewah, contoh apartemen minecraft, contoh ajb apartemen, contoh alamat apartemen, contoh advertisement apartment, contoh atap apartemen, contoh dokumen amdal apartemen, contoh broadcast apartemen, contoh bangunan apartemen, contoh bentuk apartemen, contoh jual beli apartemen, contoh iklan baris apartemen, contoh proposal bisnis apartemen, contoh rab bangunan apartemen, contoh latar belakang apartemen, contoh copywriting apartemen, contoh cat apartemen, contoh contoh apartemen, contoh dekorasi apartemen kecil, contoh denah apartemen 1 kamar, contoh desain apartemen, contoh desain apartemen tipe studio, contoh furnish apartemen, contoh furniture apartemen, contoh gambar apartemen, contoh gambar apartemen type studio, desain apartemen, desain apartemen studio, desain apartemen 2 kamar, desain apartemen mewah, desain apartemen 1 kamar, desain apartemen korea, desain apartemen 3 kamar, desain apartemen mewah korea, desain apartemen minimalis, desain apartemen ala korea, desain rumah ala apartemen, desain kamar ala apartemen, desain kamar hotel ala apartemen, desain rumah minimalis ala apartemen, aplikasi desain apartemen, desain balkon apartemen, desain apartemen 2 bedroom, desain apartemen 1 bedroom, desain apartemen 2 br, desain interior apartemen bogor, desain interior apartemen bagus, desain interior apartemen besar, contoh desain apartemen studio, contoh desain apartemen 2 kamar, contoh desain apartemen 1 kamar, contoh desain apartemen kecil, gambar desain apartemen, desain apartemen elegan, desain furniture untuk apartemen, desain apartemen gaya jepang, desain apartemen gambar, desain gedung apartemen, desain gorden apartemen, desain rumah gaya apartemen, gambar desain apartemen tipe studio, desain apartemen hotel, harga desain apartemen 2 kamar, harga desain apartemen tipe studio, harga jasa desain apartemen, apartemen desain, desain apartemen jasa, desain interior apartemen jakarta, jasa desain apartemen studio, jasa desain apartemen jakarta, jasa desain apartemen murah jakarta, jasa desain apartemen minimalis, jasa desain apartemen murah, desain apartemen kecil, desain apartemen kecil 2 kamar, desain apartemen kecil minimalis, desain kamar apartemen, desain kamar apartemen minimalis, desain kamar apartemen studio, desain kamar apartemen kecil, desain apartemen 2 lantai, desain apartemen mungil, desain apartemen minimalis korea, desain apartemen minimalis 2 kamar, desain apartemen mungil minimalis, desain apartemen modern, desain apartemen nyaman, desain apartemen pribadi, desain apartemen 30 meter persegi, desain rumah apartemen, desain rumah apartemen kecil, desain ruangan apartemen, desain ruang apartemen, desain ruangan apartemen minimalis, desain ruang apartemen minimalis, desain ruang apartemen studio, desain ruangan apartemen studio, rumah desain apartemen, desain apartemen simple, desain apartemen studio 25m2, desain apartemen studio 21m, desain apartemen sederhana, desain apartemen studio kecil, desain apartemen studio 27m, desain apartemen tipe 21, desain apartemen tipe 36, desain apartemen tipe studio, desain apartemen tipe studio minimalis, desain apartemen tipe 34, desain apartemen tipe 45, desain apartemen tingkat, desain teras apartemen, desain apartemen studio unik, desain dapur untuk apartemen kecil, design apartemen wallpaper, desain apartemen 18m2, desain apartemen 17 m2, desain apartemen 1 br, desain interior apartemen 1 bedroom, desain interior apartemen 1 kamar, desain interior apartemen 1 kamar tidur, desain apartemen 24m2, desain apartemen 22m2, desain interior apartemen 2 kamar tidur minimalis, desain interior apartemen 2 kamar, desain apartemen 3x6, desain apartemen 30m2, desain apartemen 33m2, desain apartemen 36m2, desain apartemen 36, desain interior apartemen 3 kamar tidur, desain apartemen 4x6, desain apartemen 40m2, desain interior apartemen type 45, desain apartemen 5x5
Google Trend Mengenai Desain Apartemen :

Mengapa Kami

Kami tidak sekedar menggambar site plan yang sedang Anda rencanakan, tetapi kami juga memberikan perhitungan kebutuhan biaya proyek, analisa rencana harga jual terhadap biaya, analisa lahan eksisting terhadap efisiensi pelaksanaan. Semoga dukungan keahlian kami kepada Anda mampu mewujudkan pertumbuhan kota di Indonesia dan melahirkan pengusaha properti besar, yaitu Anda.



2011 | 2012 | 2013 | 2014 | 2015 | 2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | 2022 | 2023 | 2024


👉 Klik Hubungi 0812-1231-3066 👈