logoblog

Perencanaan Kota

"Berikut adalah perencanaan sebuah ibukota Kabupaten baru, yang memperhitungkan pertumbuhan kota jangka pendek, menengah dan panjang."


Super Blok Sebagai Metode Perencana Kota


Superblock populer saat pengembangan pinggiran kota awal, timbul dari ide-ide modernis dalam arsitektur dan perencanaan kota.

Perencanaan di era ini didasarkan pada jarak dan skala kecepatan untuk mobil dan mengabaikan mode pejalan kaki dan pengendara sepeda, sebagai kendaraan transportasi usang.

Superblok jauh lebih besar daripada blok perumahan, dengan sepadan bangunan yang lebih besar untuk bangunan disisinya, dan biasanya dibatasi oleh rute yang luas, berkecepatan tinggi, arteri atau sirkulasi yang terhubung dengan jalan-jalan lingkungan.

Superblok sering ditemukan di pinggiran kota atau kota yang direncanakan, atau merupakan hasil dari pembaruan perkotaan, di mana hirarki jalan telah menggantikan grid jalan lamanya.

Di daerah perumahan di pinggiran kota, didalam superblok biasanya dilayani oleh jalan buntu atau jalan melingkar menyesuaikan kondisi lahannya.

Jalan-jalan arteri atau lintas melayani mobil untuk jarak yang lebih jauh, sebaiknya dibuat lurus agar bahan bakar tambahan yang diperlukan untuk berpindah antar tujuan, tidak menjadi masalah, tetapi pada skala pejalan kaki, terlampau lurus menjadi tidak nyaman.

Kendala Super Blok


Jalan yang saling terhubung dapat memaksa lebih banyak lalu lintas ke masing-masing jalan dapat lebih sedikit, meningkatkan pengguna untuk melalui jalan-jalan, yang pada akhirnya menyebabkan jalan-jalan ini memiliki lebih banyak jalur perjalanan ditambahkan untuk mobil, tertap dampaknya dapat membuatnya lebih sulit untuk pejalan kaki untuk menyeberang jalan-jalan tersebut.

Dengan cara ini, superblok dapat mengkokdisikan kota menjadi terintegrasi, tetap memperluas dominasi mobil dimana-mana, dan membuat mustahil bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda menjadi nyaman.

Disain Super Blok Sangat Populer


Superblok juga dapat ditemukan di daerah yang dibangun oleh pengembang kawasan kota, di mana mereka lebih sering dikaitkan dengan penggunaan area komersial, pendidikan, rekreasi dan kantor.

Perencana kota saat ini mulai berfikir untuk mengatur ruang dengan cara yang lebih "ramah pejalan kaki" dan menyediakan plaza terbuka dan ruang lain bagi warga untuk bersosialisasi.

Super Blok akan terus populer dalam mensiasati Perencanaan Kota

Kenyamanan Pejalan Kaki


Perencana, saat ini, mereka tahu bahwa diskontinuitas jalan dan jalan multi-jalur yang terkait dengan superblok telah menyebabkan ketidaknyamanan pejalan kaki dan sepeda.

Blok urban banyak yang  menyebarkan lalu lintas mobil ke beberapa jalan yang lebih sempit dengan kecepatan lebih lambat.

Jaringan jalan sempit yang terhubung dengan lebih baik memungkinkan untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda lebih nyaman.

Superblock, pada skala yang hanya cocok untuk mobil, dan bukan pejalan kaki, adalah sarana untuk dominasi mobil di perencanannya.

Pada tahun 60-70 an, superblok sering digunakan dalam proyek-proyek pembaruan perumahan umum perkotaan di Jakarta, seperti kebayoran lama, tebet, grogol dan lain tempat.

Dalam menggunakan superblok, proyek perumahan bertujuan untuk menghilangkan gang-gang belakang, yang sering dikaitkan dengan kekumuhan.

Kami Merencanakan Ibu Kota Kabupaten


Membangun sebuah kota rintisan memerlukan analisa jangka pendek, menengah dan panjang. Saat merencanakan disain ini untuk salah satu Kabupaten di Propinsi Papua, kami memyiapkan infrastruktur yang dapat mendukung hingga 20 tahun kedepan.

Adapun yang kami nilai adalah pertumbuhan penduduk, kebutuhan dasar sebuah kota serta aspek lalu lintas secara jangka panjang.

Lahan yang akan menjadi pusat kota ini dikuasai oleh Pemda setempat, bentukan baru sebuah kota juga menyiapkan pertumbuhan perluasan kota secara jangka panjang yang dilakukan oleh masyarakat sebagai nilai investasi.






Berikut adalah gambaran mengenai rencana kota seluas 41.177.500 m2 yang kami disain:

Rencana Tata Ruang

Rencana Tata Ruang

Rencana Tata Ruang


Rencana Tata Ruang

Rencana Tata Ruang

Tata Kota Kabupaten

Tata Kota Kabupaten

Tata Kota Kabupaten


Disain Ibukota Kabupaten



Disain Kota

Tahap Konstruksi Disain Ibukota


Disain Kota


Infrastruktur Kota

Infrastruktur Kota

Infrastruktur Kota

Fasilitas Kota


Lokasi Ibukota


Fasilitas Kota



Gambar site plan lainnya:



perencana kota, teori perencana kota, lowongan kerja perencana kota, merencanakan kota, tata guna lahan kota, peran perencana kota, perencanaan kota yang baik, studio perencanaan kota, rencana kota surabaya, rencana kota bandung, rencana kota bekasi, rencana kota karawang, rencana geografis, rencana informasi, rencana tata ruang, ruang kota, rencana tata ruang wilayah kabupaten, rencana tata ruang wilayah nasional, pengertian rencana tata ruang wilayah, definisi rencana tata ruang wilayah, rencana tata ruang wilayah kota, laskar perencana kota malang, arsitek perencana kota, seorang perencana kota, perencana wilayah dan kota, perencanaan kota adalah, perencanaan kota abad 21, perencanaan wilayah kota adalah, perencanaan kota layak anak, kegiatan perencanaan kota adalah, perencanaan kota baru, perencanaan kota bandung, perencanaan kota berkelanjutan, perencanaan kota batam, perencanaan ibu kota baru, perencanaan ibu kota baru indonesia, perencanaan kota yang baik, proses perencanaan kota baru, perencanaan kota curitiba, perencanaan kota canberra, perencanaan kota green city, perencanaan kota dan wilayah, perencanaan kota dan negara adalah proses membuat keputusan tentang, perencanaan kota di indonesia, perencanaan kota dan real estate, perencanaan kota dan daerah adalah, perencanaan kota di bandung, perencanaan drainase kota, perencanaan desa kota, e-perencanaan kota bengkulu, e perencanaan kota medan, perencanaan hutan kota, perencanaan kota indonesia, perencanaan wilayah kota its, perencanaan wilayah kota itb, perencanaan tata kota jakarta, perencanaan kota komprehensif, perencanaan kota menurut para ahli, perencanaan kota malang, perencanaan kota medan, perencanaan kota masohi, pengertian perencanaan kota menurut para ahli, teori perencanaan kota menurut para ahli, perencanaan pembangunan kota malang, perencanaan kota pdf, perencanaan pembangunan kota, perencanaan pembangunan kota pontianak, perencanaan pembangunan kota surabaya, perencanaan pembangunan kota semarang, perencanaan pembangunan kota medan, perencanaan pembangunan kota bandung, perencanaan kota surabaya, perencanaan kota semarang, perencanaan kota sehat, perencanaan sosial kota, perencanaan kota baru, perencanaan tata kota dan wilayah, perencanaan tata kota, perencanaan taman kota, perencanaan transportasi kota , perencanaan taman kota berbasis lingkungan, kota perencanaan terbaik, perencanaan kota , perencanaan wilayah kota , perencanaan wilayah kota, perencanaan wilayah kota prospek kerja, perencanaan kota yogyakarta, perencanaan kota yg baik, konsep perencanaan kota yang baik, perencanaan pembangunan kota yang baik

Mengapa Kami

Kami tidak sekedar menggambar site plan yang sedang Anda rencanakan, tetapi kami juga memberikan perhitungan kebutuhan biaya proyek, analisa rencana harga jual terhadap biaya, analisa lahan eksisting terhadap efisiensi pelaksanaan. Semoga dukungan keahlian kami kepada Anda mampu mewujudkan pertumbuhan kota di Indonesia dan melahirkan pengusaha properti besar, yaitu Anda.



2011 | 2012 | 2013 | 2014 | 2015 | 2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | 2022 | 2023 | 2024


👉 Klik Hubungi 0812-1231-3066 👈