logoblog

Kolam di Perumahan

"Dalam disain site plan berikut ini kami memecahkan masalah ketersediaan air bersih dengan kolam air yang menampung cukup air untuk kemudian diproses menjadi air bersih yang dikembangkan sebagai fasilitas perumahan."


Membangun Fasilitas Air Bersih Mandiri

Kebutuhan akan pengolahan air besih terkadang menjadi kendala dalam sebuah perumahan yang hendak dibangun.

Karenanya kami mendisain penyelesaian site plan perumahan dengan fasilitas air bersih yang dijadikan fasilitas taman kolam (tendon).

Disain Site Plan yang Menyiapkan Jaringan Air Bersih Mandiri

Dalam disain site plan berikut ini kami memecahkan masalah ketersediaan air bersih dengan kolam air yang menampung cukup air untuk kemudian diproses menjadi air bersih yang dikembangkan sebagai fasilitas perumahan.

Developer Meninkmati Pendapatan Jangka Panjang

Dengan pengadaan air bersih, maka Developer akan menikmati keuntungan secara jangka panjang, karena pemukim akan terusberlangganan air bersih kepada pengelola perumahan.
Bak yang menjadi kolam tersebut didisain khusus oleh ahli teknik lingkungan, sehingga tidak tercemar, cepat hilang terserap keluar.

Proses Pengolahan Air Bersih

Dari lokasi tendon akan disedot ke lokasi pengolahan (water treatment), kemudian di pompa ke reveoir atas yang kemudian dipompa ke seluruh kawasan perumahan.
Dengan penyelesaian ini, maka perumahan ini memiliki kelebihan / daya saing terhadap lingkungan sekitar karena ketersediaan air bersih yang cukup.

Kompensasi Harga Tanah Yang Murah Karena Masalah Air Bersih

Harga dasar tanah di lokasi ini cukup murah karena kendala penyediaan air bersih, tetapi dengan investasi  pengolahan air maka nilai lahan perumahan ini meningkat.
Investasi awal (jaringan air bersih) dititipkan langsung di harga jual, tetapi secara jangka panjang pengolahan ini mendapatkan keuntungan bagi pengelola perumahan karena membangun jaringan air bersihnya sendiri.

Gambar Site Plan Pengolahan Air Bersih Mandiri

 

Site Plan Pengolahan Air Bersih di Perumahan



Istilah Air Bersih di Perumahan

  1. Air baku adalah air yang berasal dari sumber air yang perlu atau tidak perlu diolah menjadi air bersih/air minum
  2. Air minum adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum sesudah dimasak.
  3. Air permukaan adalah sumber air baku yang berasal dari sungai, saluran irigasi, danau, waduk, kolam, rawa, embung, dll.
  4. Mata Air adalah air tanah yang muncul ke permukaan secara alami.
  5. Air Tanah Dangkal adalah air tanah bebas yang terdapat di dalam tanah dengan kedalaman muka air tanah lebih kecil atau sama dengan 20 meter.
  6. Air Tanah Dalam adalah air tanah bebas yang terdapat di dalam tanah dengan kedalaman muka air tanah lebih dari 20 meter atau air tanah yang terdapat di dalam akifer tertekan, dimana akifer ini berada pada kedalaman lebih dari 20 meter.
  7. Air kekeruhan tinggi adalah air yang mempunyai kekeruhan > 100 mg/L
  8. Air kekeruhan sedang adalah air yang mempunyai kekeruhan 25 – 100 mg/L
  9. Air kekeruhan rendah adalah air yang mempunyai kekeruhan > 5 – 25 mg/L
  10. Saringan Rumah Tangga yang disebut SARUT adalah Sarana pengolahan air baku menjadi air bersih dengan menggunakan teknologi penyaringan sederhana, sekala rumah tangga;
  11. Teknologi sederhana adalah teknologi yang mudah dalam pembuatan, murah dalam pembangunan, serta mudah dan murah dalam operasi dan pemeliharaannya.
  12. Media penyaring adalah salah satu bahan untuk sarut guna menahan unsur yang terlarut dalam air, seperti pasir, zeolit, batu marmer, dan arang.
  13. Sumur gali (SGL) adalah sarana untuk menyadap dan menampung air tanah yang digunakan sebagai sumber air baku untuk air bersih.
  14. Muka air tanah terendah adalah kondisi muka air tanah yang paling rendah pada sumur pada saat tertentu.
  15. Akifer adalah lapisan batuan yang mengandung dan dapat meloloskan air dalam jumlah tertentu.
  16. Dinding sumur adalah bagian sisi sumur yang terbuat dari pasangan bata merah, batako, batu belah atau pipa beton.
  17. Sumur pompa tangan (SPT) adalah sarana penyediaan air bersih berupa sumur yang dibuat dengan membor tanah pada kedalaman tertentu sehingga diperoleh air sesuai dengan yang diinginkan.
  18. Sumur dangkal adalah lubang sumur dengan kedalaman muka air minimal 7 meter dari permukaan tanah. Kedalaman dasar pada umumnya berkisar antara 12 - 15 meter.
  19. Lubang sumur adalah lubang yang dibuat sampai kedalaman tertentu, menggunakan bor yang digerakkan oleh tenaga manusia atau tenaga mesin.
  20. Pompa tangan adalah alat untuk menaikkan air dari dalam tanah kepermukaan tanah dan digerakkan tenaga manusia.
  21. Pompa tangan dangkal adalah pompa tangan yang struktur silinder dan katubnya bersatu dengan badan pompa, dari cara kerjanya pompa ini bersifat pompa hisap, karena silindernya yang terletak di atas permukaan tanah, berfungsi menghisap air.
  22. Sumur Air Tanah Dalam (SATD) adalah sarana penyediaan air bersih berupa sumur dalam yang dibuat dengan membor tanah pada kedalaman tertentu sehingga diperoleh air sesuai dengan yang diinginkan;
  23. Sumur Dalam adalah lubang sumur dengan kedalaman muka air minimal 7 meter dari permukaan tanah. Kedalaman dasar pada umumnya lebih dari 30 meter.
  24. Penampung air hujan (PAH) adalah tempat penampungan air hujan yang akan digunakan sebagai sumber air bersih.
  25. Penampung Air Hujan Kontruksi Batu Bata adalah bangunan PAH yang kontruksinya dari batu bata dengan bentuk bulat atau persegi.
  26. Penampung air hujan (PAH) Fiber adalah tempat penampungan air hujan yang akan digunakan sebagai sumber air bersih dengan menggunakan bahan fiber glass sebagai cetakan pembuatan bangunan penampung air hujan.

makalah air bersih, pengolahan air bersih, pengertian air bersih, syarat air bersih, manfaat air bersih, sumber air bersih, pencemaran air bersih, gambar air bersih, pengolahan air bersih sederhana, pengolahan air bersih dari sungai, artikel pengolahan air bersih, makalah pengolahan air bersih, cara pengolahan air bersih, pengolahan air bersih dengan saringan pasir, pengolahan air bersih pdam, pengolahan air bersih di perumahan, cara pengolahan air bersih sederhana, cara pengolahan air bersih secara sederhana, artikel cara pengolahan air bersih, cara pengolahan air bersih pdam, contoh pengolahan air bersih, pengolahan air sungai menjadi air bersih, cara pengolahan air minum, pengelolahan air bersih, kolam renang di perumahan, kolam di perumahan, kolam ikan di perumahan, kolam renang di belakang perumahan, perumahan di ciledug kolam renang, perumahan di dalamnya ada kolam renang, kolam renang perumahan elit, kolam ikan perumahan minimalis, kolam ikan perumahan, kolam renang perumahan, perumahan dikelilingi kolam renang, perumahan di mana ada kolam renang, kolam renang perumahan, perumahan di kolam renang, kolam di rumah, kolam di rumah minimalis, kolam di rumah sakit, kolam renang di perumahan, kolam renang di perumahan semarang, kolam ikan di perumahan, kolam di atas rumah, kolam renang di rumah, kolam di belakang rumah, kolam renang di rumah batu alam, perumahan ada kolam renang, kolam renang perumahan di, kolam renang di perumahan medan, perumahan di belakang kolam renang, perumahan di dalamnya ada kolam renang, kolam renang di dalam perumahan, kolam di halaman rumah, perumahan di jakarta kolam renang, kolam renang di rumah jawa tengah, perumahan di jakarta barat kolam renang, kolam renang di rumah kecil, kolam ikan di rumah kecil, kolam renang di rumah lantai 2, kolam renang di rumah makassar, kolam renang di rumah minimalis, kolam di depan rumah menurut fengshui, kolam ikan di rumah minimalis, kolam renang di rumah mewah, kolam di dalam rumah minimalis, kolam di pekarangan rumah, perumahan di kolam renang, pengurusan kolam renang di perumahan, kolam di samping rumah, kolam renang di rumah sederhana, kolam renang di rumah sakit, kolam renang di rumah sendiri, kolam di teras rumah, kolam di taman rumah, kolam di tengah rumah, kolam renang di rumah unik, kolam renang di rumah Yogyakarta, sumur resapan di perumahan, resapan air di perumahan, cara membuat sumur resapan di perumahan, pengurusan kolam renang di perumahan

Mengapa Kami

Kami tidak sekedar menggambar site plan yang sedang Anda rencanakan, tetapi kami juga memberikan perhitungan kebutuhan biaya proyek, analisa rencana harga jual terhadap biaya, analisa lahan eksisting terhadap efisiensi pelaksanaan. Semoga dukungan keahlian kami kepada Anda mampu mewujudkan pertumbuhan kota di Indonesia dan melahirkan pengusaha properti besar, yaitu Anda.



2011 | 2012 | 2013 | 2014 | 2015 | 2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | 2022 | 2023 | 2024


👉 Klik Hubungi 0812-1231-3066 👈