logoblog

Rusunami

"Kebutuhan rusunami tidak terelakkan lagi untuk diproduksi di Jakarta karena kebutuhan lahan yang semakin terbatas. Berikut adalah disain kami untuk rusunami yang pernah kami rencanakan."


Site Plan Rusun (Rumah Susun)

Kebutuhan akan hunian di tengah kota membuat kita perlu menyiapkan rumah susun milik atau yang populer disebut rusunami.

Lahan-lahan yang relatif sempit pun muncul di di tengah perkotaan berusaha dimanfaatkan untuk membuat hunian strata titel atau bertingkat banyak agar bisa dihuni lebih banyak keluarga.

Mengembangkan lahan tersebut, banyak faktor yang harus diperhatikan oleh perencana site plan, karena selain memecahkan peletakan bangunan, perencana juga harus memperhatikan bagaimana bangunan tersebut saat dibangun di lahan yang berimpitan dengan hunian yang sudah ada saat itu.

Kaidah-kaidah teknik bangunan serta syarat-syarat mendirikan bangunan juga harus diperhatikan walaupun yang sedang direncanakan hanya penataan ruang luar atau site plannya.

Tantangan tersebut menjadi hal yang menarik, dan solusi yang berhasil dilalukan menghasilkan rencana site plan yang maksimal untuk lahan yang direncanakan.

Berikut ini adalah salah satu karya site plan kami saat merencanakan rumah susun di tengah-tengah lingkungan yang padat penduduk.





Rusunami

Rusunami sendiri mendekati format dari sebuah apartemen, hanya saja harga jualnya lebih murah, yang umumnya tidak menyediakan lahan parkir yang luas.

Dalam disain kami, lahan parkir tetapi diperhitungkan, agar para penghuni atau warga rusunami ini dapat mobilisasi yang lebih baik, yang dikurangi adalah tipe unitnya yang kecil. Lokasi rusunami ini ada dipusat kota sehingga mampu memiliki jarak tempuh yang dekat dengan pusat kota.

Berikut adalah disian rusunami yang kami rencanakan:


Disain Rusunami

Disain Rusunami

Definisi Rumah Susun


Rumah Susun didefinisikan sebagai bangunan gedung bertingkat yang dibangun dalam suatu lingkungan yang terbagi dalam bagian-bagian yang distrukturkan secara fungsional, baik dalam arah horizontal maupun vertikal dan merupakan satuan-satuan yang masing-masing dapat dimiliki dan digunakan secara terpisah, terutama untuk tempat hunian yang dilengkapi dengan bagian-bersama, benda-bersama, dan tanah-bersama.


Konsep Rusunami

Konsep Rusunami

Unit Rumah Susun


Satuan Rumah Susun adalah unit rumah susun yang tujuan utamanya digunakan secara terpisah dengan fungsi utama sebagai tempat hunian dan mempunyai sarana penghubung ke jalan umum.

Yang dimaksud dengan Tanah Bersama adalah sebidang tanah hak atau tanah sewa untuk bangunan yang digunakan atas dasar hak bersama secara tidak terpisah yang di atasnya berdiri rumah susun dan ditetapkan batasnya dalam persyaratan izin mendirikan bangunan.


Konsep Rusunami

Gambar Rusunami

Bagian Bersama Rumah Susun


Bagian Bersama adalah bagian rumah susun yang dimiliki secara tidak terpisah untuk pemakaian bersama dalam kesatuan fungsi dengan satuan-satuan rumah susun.

Sedangkan yang dimaksud dengan "Benda Bersama" adalah benda yang bukan merupakan bagian rumah susun melainkan bagian yang dimiliki bersama secara tidak terpisah untuk pemakaian bersama.

Setiap orang yang memiliki sebagian atau seluruh bangunan gedung harus dibuktikan dengan SBKBG yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah, kecuali bangunan gedung fungsi khusus oleh Pemerintah Pusat.


Gambar Rusunami

Gambar Rusunami

Surat Bukti Kepemilikan Bangunan Gedung (SBKBG)


Surat Bukti Kepemilikan Bangunan Gedung (SBKBG) wajib dimiliki pemilik bangunan gedung, dan dapat diterbitkan atas setiap bangunan gedung yang telah memiliki Izin Mendirikan bangunan (IMB) dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF).

Dalam satu bangunan gedung dapat diberikan lebih dari 1 (satu) SBKBG.

Bukti kepemilikan bangunan gedung dapat dimiliki pemilik yang berbeda-beda.

Kepemilikan bangunan gedung juga dapat dialihkan kepada pihak lain.

Dalam hal pemilik bangunan gedung bukan pemilik tanah, maka pengalihan hak harus mendapat persetujuan pemilik tanah.

Saat ini pengaturan SBKBG khusus bagi bangunan gedung berbentuk Rumah Susun (termasuk rusunawa, rusunami, apartemen, kondominium, kondotel, dan bangunan sejenis) telah diatur secara khusus dalam UU Rumah Susun yang terbaru (UU 20/2011) yang berfungsi menggantikan UU Rumah Susun yang lama (UU 16/1985).


Contoh Rusunami

Contoh Rusunami

SBKBG Rumah Susun Dapat Berbentuk Dua Macam:


a) Sertifikat Hak Milik-Satuan Rumah Susun atau disingkat SHM-Sarusun, atau
b) Sertifikat Kepemilikan Bangunan Gedung-Satuan Rumah Susun atau disingkat SKBG-Sarusun.

SHM-Sarusun adalah tanda bukti kepemilikan atas satuan/unit rumah susun yang dibangun di atas tanah hak milik, hak guna bangunan atau hak pakai di atas tanah negara, serta hak guna bangunan atau hak pakai di atas tanah hak pengelolaan.

Sedangkan yang dimaksud dengan SKBG-Sarusun adalah tanda bukti kepemilikan atas satuan/unit rumah susun yang dibangun di atas aset milik negara/daerah berupa tanah atau tanah wakaf dengan cara sewa.


Contoh Rusunami

Fungsi Rusunami

Fungsi Rusunami

Site Plan Rusunami

Dengan bentuk tanah yang sederhana, kami membuat dua tower yang dibelah oleh jalan aktif, berikut adalah gambar site plan yang kami rencanakan untuk rusunami tersebut.

Site Plan Rusunami

Site Plan Rusunami

Memperkecil Tapak Bangunan


Prinsip tapak bangunan yang kami akan bahas adalah tapak bangunan yang berorientasi mengurangi areal permukaan kedap untuk bangunan komersial dan bangunan rumah tinggal, dengan membangunnya bertingkat untuk mempertahankan luas lantai sama tapi mendapatkan penutup lahan yang lebih kecil untuk mempertahankan areal resapan air hujan yang lebih luas.

Keuntungan Bangunan Bertingkat


  • Memaksimalkan jumlah area permukaan untuk infiltrasi air hujan.
  • Meminimalkan jumlah limpasan air badai.
  • Meminimalkan jumlah polutan yang dikirim ke penerima air.
  • Rencana bangunan bertingkat
  • Gunakan desain bangunan dengan lantai yang lebih banyak untuk mengurangi tapak bangunan yang kedap air hujan.

Bangunan Bertingkat Pada Site Plan


  • Hubungan unit di dalam bangunan adalah aspek perencanaan site plan menawarkan peluang bagus untuk mengurangi volume limpasan, kecepatan limpasan, dan debit puncak air hujan pada kawasan yang direncanakan.
  • Merencanakan dan merancang suatu pengembangan proyek bangunan bertingkat harus mempertimbangkan hubungan unit dengan lingkungannya yang menjadi tantangan dalam merencanakan site plan yang berhubungan dengan kondisi hidrologi kawasan tersebut.
  • Menggunakan desain bangunan dengan tapak yang efisien dan membangun gedung dengan lantai yang lebih banyak keatas, akan membantu meminimalkan jumlah penutup permukaan kedap air hujan dengan mengurangi tapak bangunan serta area atap.
  • Menggabungkan atau mengkonsolidasikan fungsi bangunan atau fasilitas segmentasi juga bisa menjadi metode yang efektif untuk mengurangi tapak bangunan yang sifatnya individu.

Jika Anda memerlukan perencana site plan untuk hunian bertingkat, silahkan menghubungi nomor telpon kami.


Site Plan Rusunami

Site Plan Rusunami


Rusunami Terhadap Tata Ruang Kota

Rusunami sebagai pendukung hunian untuk sebuah kota akan menjadi jaringan antara perkantoran, pasar serta jasa-jasa lainnya yang mengelilinginya. dengan demikian, kehadirannya akan menunjang perencanaan dan kebutuhan sebuah kota.

Berikut adalah gamaran rusunaim tersebut terhadap gedung  disekitarnya.

Bentuk Rusunami

Bentuk Rusunami

Bentuk Rusunami

Pola Rusunami

Pola Rusunami

Pola Rusunami

Pengertian Rusunami

Pengertian Rusunami

Pengertian Rusunami

Maksud Rusunami

Maksud Rusunami

Maksud Rusunami

Tipe Rusunami

Tipe Rusunami

Tipe Rusunami


rusunami cawang, rusunami kelapa gading, harga rusunami, rusunami salemba, rusunami kalibata, lokasi rusunami jakarta, rusunami jakarta pusat, sewa rusunami kalibata, pengertian rusunawa, rusunawa sleman, rusunawa umm, rusunawa, rusunawa undip, rusunawa unnes, rusunawa pesantren, rusunawa universitas, pengertian rumah susun, latar belakang rumah susun, harga rumah susun, rumah susun dijual, pembangunan rumah susun, rumah susun kemayoran, rumah susun tebet, rumah susun hukum agraria, contoh gambar siteplan, contoh gambar site plan sederhana, contoh gambar site plan rumah tinggal, contoh gambar site plan rumah, contoh gambar site plan perumahan, contoh gambar site plan pabrik, contoh gambar site plan, contoh gambar sekolah, contoh gambar panggung, contoh gambar mushola, contoh gambar master plan, contoh gambar masjid sederhana, contoh gambar masjid, contoh gambar kontur tanah, contoh gambar imb rumah tinggal, contoh gambar imb, contoh gambar gudang, contoh gambar blok plan, contoh gambar blok, contoh gambar block plan, contoh gambar balai warga, contoh denah tanah kavling, contoh denah site plan, contoh denah rumah split level, contoh denah gudang, contoh blok plan perumahan, contoh blok plan, contoh block plan, contoh bisnis properti, contoh backlink, cluster baru, ciri ciri site plan, cara menghitung rab rumah type 45, cara menggambar sketsa tanah, cara menggambar site plan manual, cara menggambar site plan di autocad, cara menggambar site plan, cara membuat sketsa tanah, cara membuat siteplan, cara membuat site plan tanah kavling dengan coreldraw, cara membuat site plan tanah kavling, cara membuat site plan sekolah, cara membuat site plan rumah tinggal, cara membuat site plan perumahan dengan coreldraw, cara membuat site plan perumahan, cara membuat site plan kavling, cara membuat site plan di word, cara membuat site plan di sketchup, cara membuat site plan di autocad, cara membuat site plan dengan photoshop, cara membuat site plan dengan autocad, rusunami jakarta, rusunami adalah, rusunami jakarta timur, rusunami apartemen, apakah rusunami bisa dijual, arti rusunami, apa itu rusunami, rusunami kemayoran , rusunami cengkareng, rusunami cilangkap, rusunami cipayung, rusunami cakung, rusunami di jakarta, rusunami dp 0, rusunami di batam, rusunami di surabaya, rusunami dp 0 persen, rusunami dan rusunawa, rusunami depok, rusunami daan mogot, rusunami english, fasilitas rusunami di cengkareng, flpp rusunami, rusunami gading nias, rusunami harga, harga rusunami , harga rusunami jakarta, ipl rusunami, rusunami jakarta selatan, rusunami jakarta barat, rusunami jakarta utara, rusunami jakarta pusat, rusunami jakabaring, rusunami jaktim, jual rusunami, rusunami dijual, rusunami perumnas, rusunami di luar negeri, rusunami murah di jakarta, rusunami medan, rusunami murah jakarta timur, marketing rusunami tanjung barat, marketing rusunami bandar kemayoran, sewa rusunami murah di jakarta, rusunami pemprov dki jakarta, pp rusun, rusunawa rusunami, rab rusunami, rumah rusunami jakarta , perancangan rusunami, kepanjangan rusunami, rusunami samawa, rusunami sentosa, rusunami surabaya, rusunami samawa pondok kelapa, rusunami semarang, rusunami subsidi jakarta, rusunami subsidi, pengertian rusunami, rusunami tangerang, rusunami tanah abang, rusunami tebet, rusunami tegal, toto rusunami, tower rusunami, uu rusunami, unit rusunami, usaha rusunami, rusunami bandung, rusunami dp 0 rupiah, rusunami bandar kemayoran 1, rusunami terbaru, gambar rusunami, contoh rusunami, tipe rusunami, desain rusunami, arsitek rusunami, site plan rusunami, aturan rusunami, mengenai rusunami, cara membuat site plan dari google earth, cara membuat site plan, cara membuat rumah kayu sederhana, cara membuat master plan sekolah

Mengapa Kami

Kami tidak sekedar menggambar site plan yang sedang Anda rencanakan, tetapi kami juga memberikan perhitungan kebutuhan biaya proyek, analisa rencana harga jual terhadap biaya, analisa lahan eksisting terhadap efisiensi pelaksanaan. Semoga dukungan keahlian kami kepada Anda mampu mewujudkan pertumbuhan kota di Indonesia dan melahirkan pengusaha properti besar, yaitu Anda.



2011 | 2012 | 2013 | 2014 | 2015 | 2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | 2022 | 2023 | 2024


👉 Klik Hubungi 0812-1231-3066 👈