logoblog

Strata Title

"Bagaimana mendisain Apartemen atau hunian strata title bersubsidi dengan fasilitas yang lengkap?"


Kami Menyiapkan Desain Apartemen Atau Rumah Susun

Untuk meningkatkan nilai lahan di daerah perkotaan, diperlukan solusi hunian vertikal atau strata title yang efisien terhadap bentuk lahan.

Jika Anda perhatikan bentuk lahan yang cukup rumit dari gambar yang kami tampilkan di bawah, menjadi tantangan awal saat kami dipercaya untuk mendesain site plan di lahan tersebut.

Dengan bentuk lahan yang unik, diperlukan metode desain yang mampu menyiapkan berbagai fasilitas publik seperti ruang terbuka hijau, areal bersama, olah raga, pertemuan, parkir dan sebagainya.

Setelah berkali-kali melalukan alternatif desain site plan, akhirnya kami menemukan bentuk site plan yang mampu meletakan bangunan dengan tetapi memperhatikan teknik mendirikan bangunan berlantai banyak di lahan tersebut.

Site Plan Apartemen

Mendirikan bangunan tidak hanya alas bangunan itu yang harus menjadi pertimbangan, tetapi juga sisa lahan untuk mendukung peletakan material juga harus diperhatikan, tetapi sebagai perencana, kegunaan lahan yang tidak dijadikan bangunan juga harus menjadi pertimbangan desain, saat ribuan pengguna bangunan menghuni lahan tersebut, mewarisi lahan lahan sempit yang tidak bisa difungsikan sama sekali.

Gambar site plan di bawah ini adalah salah satu contoh dari beberapa karya-karya desain kami.



 Meletakan Lahan Parkir di Apartemen



Pemanfaatan lahan parkir di bawah unit hunian adalah salah satu solusi memaksimalkan lahan menjadi lebih berfungsi.

Berikut adalah disain site plan dimaksud:

Apartemen Murah
Lantai basemen sebagai penguat konstruksi yang difungsikan sebagai sarana pendidikan dan manajemen

Apartemen Murah
Penataan lanskap yang mengedepankan fungsi-fungsi ruang bersama yang terbuka dan asri

Apartemen Murah

Apartemen Murah
Empat lantai parkir tipikal sebagai fasilitas kendaraan bagi penghuni

Apartemen Murah
Unit-unit hunian yang masing-masing memiliki view menarik ke arah kota



Apartemen Bersubsidi

Apartemen Bersubsidi

Beda Rumah Susun dengan Rumah Tapak


Karena bangunan Rumah Tapak menapak langsung dengan tanah, maka hak kepemilikan atas tanahnya dapat dikuasai oleh seseorang atau badan hukum, sehingga tanah Rumah Tapak ada yang berstatus Hak Milik, HGB, atau Hak Pakai.

Sedangkan unit Rumah Susun tidak menapak langsung dengan tanah, maka hak kepemilikannya bersifat khusus yang disebut "Strata Title".

"Strata" dapat diartikan "tingkat/susun sedangkan "title" dapat diartikan "hak".

Jadi, secara sederhana "Strata Title dapat diartikan sebagai hak kepemilikan atas unit rumah susun.


Apartemen Bersubsidi

Rusunami Mewah

Apa Itu Strata Title?


Pengertian Strata Title sebenarnya lebih luas, tidak hanya mencakup unit rumah susun yang berfungsi hunian (seperti rusunawa, rusunami, apartemen, kondominium, kondotel) tetapi juga mencakup bangunan bersusun nonhunian (seperti gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan).

Jadi, dalam Strata Title dikenal dua macam hak, yaitu hak atas kepemilikan unit rumah susun yang bersifat individu, dan hak atas tanah-bersama, bagian-bersama, serta
benda-bersama yang bersifat kelompok.

Dalam praktiknya, di Indonesia pada umumnya istilah Strata Title diartikan sebagai "rumah susun" atau "hak kepemilikan atas unit rumah susun", padahal istilah Strata Title tidak hanya berlaku untuk rumah susun (yang berfungsi hunian) tetapi juga berlaku untuk bangunan bersusun atau gedung susun non hunian, seperti gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan.

Karena itu, Strata Title lebih baik diartikan sebagai "bangunan bersusun" yang terdiri atas bangunan bersusun untuk hunian (rumah susun) dan bangunan bersusun untuk nonhunian (gedung susun).

Konsep hukum kepemilikan model Strata Title tidak dikenal dalam sistem hukum Indonesia yang berasal dari hukum Belanda yang menganut sistem hukum Eropa Kontinental (Eropa Daratan).


Rusunami Mewah

Rusunami Mewah

Bagaimana Sejarah Strata Title?


Istilah Strata Title pertama kali diperkenalkan di Australia melalui Strata Titles Act tahun 1967.

Konsep hukum Strata Title dikenal di negara-negara yang menganut sistem hukum Anglo Saxon (Inggris dan bekas negara jajahannya, termasuk Amerika Serikat) dan berakar pada jenis tenancy in common.

Konsep Strata Title memisahkan hak atas beberapa strata (tingkatan), yakni hak atas permukaan tanah, bumi di bawah tanah, dan udara di atasnya.

Konon, konsep perailikan rumah susun berbentuk kondominium sudah dikenal sejak zaman Romawi kuno.

Walaupun pendapat itu masih diperdebatkan mengingat hukum Romawi klasik menganut asas perlekatan (superficies solo credit), yang pasti, ada bukti kuat bahwa genesis dari kondominnium telah ada di Eropa sejak abad pertengahan dan berkembang kembali setelah Perang Dunia II, lalu berkembang pesat di Puerto Rico (Amerika Latin) kemudian berkembang juga di Amerika Serikat setelah adanya Housing Act 1961 yang diilhami popularitas apartemen/kondominium.

Dalam Code Napoleon di Prancis, dikenal juga prinsip pemisahan horizontal.

Namun, legislasi dalam arti modern terhadap pemilikan kondominium/apartemen baru ada di Prancis setelah keluar undang-undang yang diamendemen tahun 1939 dan 1943.

Legislasi di Prancis tersebut mengatur, antara lain hak penghuni atas area umum, organisasi penghuni, dan pengangkatan seorang wakil penghuni.


Rumah Susun Mewah

Rumah Susun Mewah

Pengaturan Strata Title di Indonesia


Di Indonesia pengaturan tentang Rumah Susun (termasuk apartemen, kondominium, kondotel, rusunawa, rusunami, dan bangunan sejenis nya) telah diatur dalam UU 20/2011 tentang Rumah Susun.

UU terbaru ini merupakan pengganti dari UU Rumah Susun lama, yaitu UU 16/1985.

UU Rumah Susun tidak hanya mengatur bangunan bersusun hunian (seperti apartemen dan sejenisnya) tetapi juga bangunan bersusun nonhunian (seperti gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan).

Namun demikian, gedung perkantoran yang hanya dimiliki satu pihak (seperti kantor Bank Indonesia) tidak dapat digolongkan sebagai bangunan bersusun (Strata Title) meskipun bangunan tersebut bertingkat-tingkat.

Gedung perkantoran yang dapat digolongkan Strata Title adalah gedung perkantoran yang unit-unitnya diperjualbelikan oleh pengembangnya sehingga dapat dimiliki banyak pihak.

Pada awalnya kepemilikan atas tanah berasal pada satu strata (tingkatan), yaitu di atas permukaan tanah.

Namun dalam perkembangan, karena meningkatnya kebutuhan masyarakat, kemajuan teknologi, serta keterbatasan lahan, pembangunan hunian dan perkantoran dibangun bertingkat (berorientasi vertikal).

Hal itu kemudian memunculkan persoalan, bagaimana memisahkan kepemilikan agar masing-masing penghuni bisa memiliki unit secara terpisah dengan orang lain yang ada di sekitarnya.

Misalnya di sebuah gedung, ada lantai 1 hingga lantai 14.

Bagaimana mereka memisahkan kepentingan yang ada di situ?

Berangkat dari persoalan tersebut, maka timbullah pemikiran, bagaimana kalau di strata-strata yang berbeda itu dimunculkan hak-hak lain.

Begitulah sejarah munculnya istilah Strata Title.


Rumah Susun Mewah

Apartemen Sederhana

Apartemen Sederhana

Apartemen Sederhana

Apartemen Sederhana

Apartemen Sederhana

Hunian Strata Tite

Hunian Strata Tite

Hunian Strata Tite
 Hunian Vertikal

Hunian Vertikal

Hunian Vertikal

Hunian Bertingkat

Hunian Bertingkat

Fasilitas Kolam Renang di Strata Title Hunian Bersusun


Dalam disain site plan apartemen yang kami rencanakan juga menyiapkan fasilitas kolam renang yang terpisah dari gedung apartemennya, sehingga penghuni dapat mereasakan ruang terbuka yang lebih baik yang terpisah dengan unit apartemen atau rumah tinggal mereka.


Kolam Renang Apartemen

Kolam Renang Apartemen

Kolam Renang Apartemen

Kolam Renang Apartemen

Hunian Bertingkat

Pencakar Langit

Pencakar Langit

Pencakar Langit

Lorong Apartemen


apartemen subsidi kemayoran, apartemen subsidi sunter, apartemen subsidi kalibata, jual apartemen subsidi, apartemen subsidi cibubur, apartemen subsidi di bekasi, apartemen subsidi di kelapa gading, apartemen subsidi pramuka, harga jual apartemen subsidi, apartemen subsidi ciledug, jual brand new, apartemen subsidi sunter, rusunami cawang, rusunami kelapa gading, harga rusunami, rusunami salemba, rusunami kalibata, strata title diatas hgb, strata title artinya, strata title shm, strata title mall, strata title itu apa, strata title vs hgb, strata title gedung perkantoran, strata title berapa tahun, strata title adalah, strata title australia, strata title definition, strata title unit, properti strata title, strata title building, strata title benefits, skema strata title, sertifikat strata title, strata title condominium, tanah strata title, definisi strata title, strata title di indonesia, strata title duplex nsw, strata title development, contoh strata title, penjelasan strata title, tipe strata title, strata title entity, strata title condominium, strata title townhouse, strata title fees, strata title fee calculator, strata title hgb murni, strata title hilang, strata title hotel, strata title hukumonline, rumah strata title, hunian strata title, strata title indonesia, asuransi strata title, strata title individual, strata title jmb, apartemen strata title jakarta, kantor strata title jakarta, jenis strata title, kelebihan strata title, kepemilikan strata title, konsep strata title, konsultan strata title, kantor strata title, arti strata title, hak strata title adalah, hak milik strata title, sertifikat strata title hak milik, arti strata title hak milik, strata title land, strata title law, strata title meaning, strata title maksudnya, strata title maksud, strata title means, non strata title, non strata title property, non strata title adalah, strata title vs non strata title, kepemilikan strata title, strata title office, strata title property, strata title plan, strata title pdf, strata title proses, strata title property meaning, pembayaran strata title, proses strata title, strata title rumah susun, strata title rumah, peraturan strata title, renovasi strata title, uu strata title, strata title system, strata title search, strata title stamp duty calculator, strata title townhouse, strata title unit, strata title unit blocks, uu strata title, strata title vs freehold, strata title vs leasehold, strata title vs subdivision, strata title vs body corporate, strata title yaitu, rusunawa, jual rusunami, lokasi rusunami jakarta

Mengapa Kami

Kami tidak sekedar menggambar site plan yang sedang Anda rencanakan, tetapi kami juga memberikan perhitungan kebutuhan biaya proyek, analisa rencana harga jual terhadap biaya, analisa lahan eksisting terhadap efisiensi pelaksanaan. Semoga dukungan keahlian kami kepada Anda mampu mewujudkan pertumbuhan kota di Indonesia dan melahirkan pengusaha properti besar, yaitu Anda.



2011 | 2012 | 2013 | 2014 | 2015 | 2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | 2022 | 2023 | 2024


👉 Klik Hubungi 0812-1231-3066 👈